Rabu, 08 Agustus 2012

Membangun website dinamis berbasis PHP-mySQL (7)

Mengunjungi website yang menampilkan film atau video, menarik juga, Apalagi kalau video atau film tersebut berupa koleksi music (misalnya) yang kadang dikangeni oleh orang-orang yang sudah tua, atau mempunyai kenangan indah. Atau malah film-film documenter keluarga anda, film perkawinan adik, kakak, saudara, rekreasi keluarga dan lainnya.
Kalau tujuannya dilihat keluarga dekat, anda tidak perlu meng-upload web tersebut, jadi cukup disimpan dalam PC atau Laptop yang praktis bisa dibawa kemana-mana, bahkan dijadikan theater home, dengan menambah slide-projector dan sound system.
Buatlah database melalui phpMyAdmin misalnya film.dengan tabel music, karena ini nantinya akan digunakan untuk dokumentasi filmfavorite keluarga. Kalau anda ingin mendokumentasikan dengan kategori lainnya misalnya perkawinan atau kelahiran (anak-anaknya) kita buat lagi tabel perkawinan dan kelahiran, begitu seterusnya tabel dibuat sesuai kebutuhan.
Untuk uji coba ketrampilan kita buat 1 (satu) tabel saja, misalnya music.
Bukan karena hobby saya music, tetapi kelihatannya ini lebih universal dan familiar dengan kebanyakan orang.
Sediakan beberapa buah film music, lebih banyak lebih baik, karena nanti akan bekerja di localhost PC/Laptop dan tidak perlu diupload ke server-hosting, seberapapun tidak masalah. Usahakan file film music tersebut berekstensi .flv, dan nama filenya di-rename pendek dengan huruf kecil semua tanpa spasi, untuk memudahkan proses. Misalnya tadinya file bernama Walau hati menangis – Pance.flv kita ganti pendek saja menjadi pance001.flv (misalnya).
Sebuah file swf yang merupakan playernya dan file .js (kami sertakan dalam artikel ini dan dapat didownload) yang nantinya sangat diperlukan, serta harus anda letakkan pada folder web anda.

Catatan Bytescode
apa yang ada di pikiranku, apa yang ku dapat di belantara internet……..

Editing Video dan Film Menggunakan Pitivi di Linux

 
 
 
 
 
 
Rate This

Untuk proses editing suatu video maupun film, di Linux tersedia banyak perangkat lunak open source. Anda bisa menggunakan open movie editor, pitivi, dan lainnya. Pada tulisan ini akan dibahas pitivi pada distro Ubuntu. Jika ingin mencoba, silahkan sesuikan dengan distribusi yang anda gunakan sekiranya ada sedikit perbedaan.

Pertama, jika Pitivi belum terinstall, installah melalui software center dengan mengetikkan pitivi atau ke kategori multimedia. Untuk proses instalasi bisa menggunakan koneksi internet atau secara offline menggunakan ke;pingan DVD repository (jika memerlukan bisa mengontak saya untuk pemesanan). Kemudian, setelah terinstall, cek di aplikasi –> suara dan video –> pitivi.

Lokasi Pitivi
Lokasi Pitivi
Pitivi
Pitivi
Kini ambillah sebuah file video/film dan sebuah file audio. Kemudian drag di bagian bawah.

File video dan audio
File video dan audio
Meletakkan di bawah
Meletakkan di bawah
secara default Pitivi akan memisahkan antara file video dan audio beserta dengan frame video dan volume audio. Anda bisa menurunkan volume hingga ke bawah (tidak terdengar) untuk kemudian ditumpuk (ganti) dengan audio lainnya, misal dalam hal ini file audio yang kita inputkan tersebut,

Mengkonfigurasi audio dan video
Mengkonfigurasi audio dan video
Ada kalanya durasi antara file video dan file audio yang kita inputkan tidak sama panjang. Dalam kasus ini file video jauh lebih pendek dibandingkan file audio. Anda bisa memendekkan dengan cara menarik file audio ke arah kiri hingga sejajar dengan file video (frame terakhir). Konsekuensinya, audio seperti terputus saat dijalankan nanti. Untuk kasus ini, penulis menambahkan lagi video video, sehingga menjadi semacam video kompilasi.

Durasi tidak sama panjang
Durasi tidak sama panjang
Menambahkan file video
Menambahkan file video
Menyamakan durasi dengan menggeser ke kiri
Menyamakan durasi dengan menggeser ke kiri
Jika sudah, saatnya mengklik menu untuk render. Pitivi akan menanyakan lokasi meletakkan file hasil rendering tersebut. Tentukanlah, misalkan dalam hal ini di home. Kemudian inputkan nama file hasil, termasuk juga keluarannya dengan mengklik menu modifikasi. Setelah selesai, klik OK dan menu render, dan biarkan proses berjalan sampai selesai (berdasarkan waktu yang ditampilkan).
Lokasi penyimpanan
Lokasi penyimpanan
Memilih hasil keluaran
Memilih hasil keluaran
Proses rendering berlangsung
Proses rendering berlangsung

Selasa, 07 Agustus 2012

Rabu, 01 Agustus 2012

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.
Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
·  Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya · Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
· Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
· Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di madrasah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka madrasah sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan BahasaInggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat iniDepdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besarbesaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1.    Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolahsekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2.    Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
3.    Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.
Pengembangan TIK di Madrasah secara Mandiri
Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah. Mulai saat ini pihak madrasah dan Majlis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh. Ada beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan pengembangan TIK, diantaranya:
1.  Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK yang ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan majlis madrasah.
2.  Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi Labkom) yang mandiri
3. Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik hardware, software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki
4.  Penentuan hardware dan software yang akan digunakan atau dikembangkan.
5. Mengidentifikasi SDM yang dimiliki
6.  Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK baik untuk guru dan staf lainnya.
7.  Adanya Time schedule yang jelas untuk pencapaian program
8.  Penentuan Investasi yang diperlukan secara berkala tiap tahun
9.  Mengidentifikasi perkembangan software dan kurikulum baru
10.  Mengadakan revisi perencanaan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi.
Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan TIK secara bertahap di madrasah agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program yang dibuat haru dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian kepala dan majilis madrasah. Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software.Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
1. Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi,
diantaranya:
a. Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.
b. Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
c. Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
d. Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.
2. Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan suatu kegiatan misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat
http://www.upscale.utoronto.ca/GeneralInterest/Harrison/Flash/ClassMechanics/
RightHandRule/RightHandRule.html
3. Virtual Experiment
Maksud dari virtual eksperimen disini adalah suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan komputer. Anak bisa melakukan beberapa eksperimen dengan memanfaatkan software virtual eksperimen misalnya Crocodile Clips. Software ini bisa didownload di http://www.crocodileclips. com/s3_1.jsp , tetapi kita harus register dulu untuk mendapatkan active code yang berlaku untuk satu bulan.
Metode ini bisa digunakan jika kita tidak mempunyai laboratorium IPA yang lengkap atau digunakan sebelum melakukan eksperimen yang sesungguhnya.
4. Kelas virtual
Maksud kelas virtual di sini adalah siswa belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya menggunakan moodle. Saya berikan contoh bentuk kelas maya yang sedang kami kembangkan di MAN 2 Ciamis.Pada kelas maya ini siswa akan mendapatkan materi, tugas dan test secara online. Kita sebagai guru memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai hasil ujian siswa. Terutama hasil ujian siswa akan dinilai secara otomatis.
Sebenarnya banyak bentuk pemanfaatan TIK lainnya yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Tetapi semua itu tergantung kepada kita bagaimana cara memanfaatkannya.

Kisah DajjaL


Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi. Dia bukan Jin atau apa jua makhluk lain selain ia sebagai manusia yg ditangguhkan ajalnya “MinalMunzharin” seperti halnya Nabi Isa as yg di angkat oleh Allah swt ke atas langit dan ditangguhkan kematiannya sehingga beliau nantinya turun semula keatas muka bumi ini lalu beliau akan mati dan di kuburkan di Madinah AlMunawwarah. Sama juga halnya dgn Iblis yg di tangguhkan kematiannya sehingga kiamat nanti.
Dajjal; ayahnya seorang yg tinggi dan gemuk. Hidungnya seperti Paruh burung. Sedangkan Ibunya pula seorang perempuan gemuk dan banyak dagingnya. MenurutImam Al Barzanji ada pendapat mengatakan bahawa asal keturunan bapanya ialahseorang Dukun Yahudi yg di kenali dgn “syaqq” manakala ibunya adalah daribangsa Jin. Ia hidup di zaman Nabi Sulaiman as dan mempunyai hubungan denganmakhluk halus. Lalu oleh Nabi Sulaiman ia akhirnya ditangkap dan dimasukkanke dalam penjara. Walau bagaimanapun kelahiran dan kehidupan masa keciltidak diketahui dgn jelas.
Sifat Badannya:
Hadis Huzaifah r.a katanya: Rasulullah s.a.w. telah bersabda: Dajjal ialah orang yang buta matanya sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia mempunyai Syurga danNeraka. Nerakanya itu merupakan Syurga dan Syurganya pula ialah Neraka(Hadis Sahih Muslim)
Jakarta (ANTARA) – Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Anti-Narkotika (Granat) menyatakan saat ini pencandu narkotika di tanah air mencapai lima juta orang.
“Dari data Granat yang ada di sejumlah daerah di Tanah air, jumlah pecandu narkotika secara keseluruhan mencapai lima juta orang,” kata Ketua Panitia Malam Anugerah Granat yang juga mantan Kapolda Papua, Irjen Polisi (Purn) Tommy Jacobus, di Jakarta, Jumat (22/6) malam.
Ia menyatakan, dengan banyaknya angka pecandu narkotika di Tanah Air itu, menunjukkan Indonesia tengah dilanda bencana narkoba.
Ia mengajak masyarakat untuk memikirkan bagaimana hilangnya uang negara akibat penggunaan narkotika itu dengan asumsi jika seseorang dalam satu hari menggunakan narkotika mengeluarkan uang sebesar Rp200 ribu. “Uang senilai Rp200 ribu itu dikalikan dengan lima juta pengguna narkotika,” katanya.
Karena itu, ia mengajak seluruh rakyat Indonesia dan aparat untuk melawan narkotika dan memberantasnya. “Demi menyelamatkan Bangsa Indonesia,” katanya.
Sementara itu, dalam acara penganugerahan itu, Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA meraih penghargaan “Granat Award” karena dianggap konsisten dalam memuat berbagai berita dengan semangat membangun kepedulian masyarakat memerangi kejahatan narkoba.
Penghargaan tersebut diserahkan pada malam anugerah “Granat Award” dengan tema “Selamatkan Bangsa dari Bencana Narkoba” yang digelar DPP Gerakan Nasional Anti-Narkotika (Granat) di Jakarta, Jumat malam.
Penghargaan “Granat Award” itu diberikan untuk berbagai kategori, yakni hakim agung, Badan Narkotika Nasional, kepolisian, media massa, bea cukai, kejaksaan, dan grup musik yang semuanya dianggap berjasa dalam memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika.
Penghargaan tersebut juga diberikan kepada media massa lain antara lain Harian Kompas, TVOne, Metro TV, RCTI, SCTV, TRANS TV, Global TV, Jak TV, Berita Satu TV, RRI Pro 3, Radio Elshinta, Harian Tempo, Sinar Harapan, Rakyat Merdeka, Koran Sindo, Harian Republika, Detik.com, Antaranews.com dan lainnya.(ar)

akibat penggunaan narkoba


GANJA

Gejala pemakaian:
Jantung berdebar, euforia (rasa gembira tanpa sebab), halusinasi dan delusi, waktu berjalan sangat lambat, Apatis (cuek terhadap diri dan lingkungan), nggak ada kemauan, mata merah, nafsu makan nambah, mulut kering, ketakutan berlebihan.

Gejala putus Obat:
Banyak berkeringat, gelisah, gemetaran, nggak ada selera makan, mual/muntah, diare terus menerus, enggak bisa tidur (insomnia), tingkah laku aneh, melamun, tertawa sendiri.



Opiat (putaw, heroin, morfin)

Gejala pemakaian:
Pupil mata mengecil atau melebar akibat kekurangan oksigen (anoksia), gembira enggak ketulungan (euphoria) / sedih (edisforia), cuek, badan lemas, malas bergerak, mengantuk, ngomong cadel, enggak konsentrasi, enggak perhatian, lemot (lemah otak)

Gejala Putus Obat:
Keluar air mata, pupil mata membesar, keluar ingus, kelebihan keringat, diare, merinding, menguap terus-menerus, tekanan darah naik, jantung deg-degan, demam, panas-dingin, enggak bisa tidur, otot & tulang nyeri, sakit kepala, gelisah dan suka marah-marah.

Amphetamine-Based Drugs
(Shabu, Ekstasi)

Gejala pemakaian berlebihan (dalam waktu 1 jam setelah pemakaian) :
rasa gembira (euphoria), rasa Harga diri meningkat, banyak bicara, kewaspadaan meningkat, denyut jantung cepat, pupil mata melebar, tekanan darah meningkat, berkeringat/rasa dingin, mual/muntah.
Gejala pemakaian berlebihan (dalam waktu 24 jam) :
dellirium/kesadaran berubah, perasaan dikejar-kejar, perasaan dibicarakan orang, Agresif & timbul rasa bermusuhan, rasa gelisah, tidak bisa diam.

Gejala putus Obat:
depresi, rasa lelah berlebihan, ganguan tidur, mimpi bertambah.

KOKAIN

Gejala pemakaian berlebihan:
Denyut jantung meningkat, gelisah, euforia atau rasa gembira berlebihan, kewaspadaan meningkat, banyak bicara, pupil mata melebar, tekanan darah meningkat, berkeringat/rasa dingin, mual/muntah, kejang-kejang, cepat merasa, tersinggung, gangguan kejiwaan, pendarahan otak, penyumbatan pembuluh darah, mata bergerak tak terkendali, distonia/kekacauan otot leher.

Gejala putus Obat:
Depresi berat, rasa lelah berlebihan, banyak tidur, mimpi bertambah, gugup, antsietas/gelisah, perasaan curiga
PENGERTIAN NARKOBA


NARKOTIKA
(Menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 22 TAHUN 1997, TENTANG NARKOTIKA)

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam undang-undang ini atau yang kemudian ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kesehatan.

Produksi adalah kegiatan atau proses menyiapkan, mengolah, membuat, menghasilkan, mengemas dan / atau mengubah bentuk narkotik termasuk mengekstraksi, mengkonversi atau merakit narkotia untuk memproduksi obat.

Impor adalah kegiatan memasukkan narkotika ke dalam Daerah Pabean.

Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan narkotika dari Daerah Pabean.

Peredaran gelap narkotika adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara tanpa hak dan melawan hukum yang ditetapkan sebagai tindak pidana narkotika.

Surat persetujuan Impor adalah surat persetujuan Menteri Kesehatan untuk mengimpor narkotika.

Surat persetujuan Ekspor adalah surat persetujuan Menteri Kesehatan untuk mengimpor narkotika.

Pengangkutan adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan memindahkan narkotika dari satu tempat ketempat lain, dengan cara moda atau sarana angkutan apapun.

Pedagang besar farmasi adalah perusahan berbentuk badan hukum yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan penyaluran sediaan farmasi termasuk narkotika dan alat kesehatan.

Pabrik obat adalah perusahan berbentuk badan hukum yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan produksi serta penyaluran obat dan bahan obat termasuk narkotika.

Transito narkotika adalah pengangkutan narkotika dari suatu negara ke negara lain dengan melalui dan singgah di Wilayah Negara Republik Indonesia yang terdapat Kantor Pabean dengan atau berganti sarana angkutan.

Pecandu adalah orang yang menggunakan / menyalahgunakan narkotika dan dalam keadaan ketergantungan pada narkotika baik secara fisik maupun psikis.

Ketergantungan narkotika adalah gejala dorongan untuk menggunakan narkotika secara terus menerus, toleransi dan gejala putus narkotika apabila penggunaan dihentikan.

Penyalahgunaan adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa sepengetahuan dan pengawasan dokter.

Rehabilitasi medis adalah suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu untuk membebaskan pecandu dari ketergantungan narkotika.

Rehabilitasi sosial adalah suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu baik fisik, mental maupun sosial agar bekas pecandu narkotika dapat kembali melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan masyarakat.

Permufakatan jahat adalah perbuatan dua orang atau lebih dengan maksud bersepakat untuk melakukan tindak pidana narkotika.

Penyadapan adalah kegiatan atau serangkaian kegiatan penyelidikan dan / atau penyidikan yang dilakukan dilakukan Oleh Penyidik Pejabat Polisi Negara Republik Indonesia dengan cara melakukan penyadapan pembicaraan melalui telepon dan atau alat komunikasi elektronika lainnya.

Korporasi adalah kumpulan teroganisasi dari orang dan / atau kekayaan baik merupakan badan hukum maupun bukan.

informasi tentang narkotika

Maraknya peredaran narkotika psikotropika dan bahan adiktif (narkoba) khususnya di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan terjadi akibat kurangnya informasi dan pemahaman mengenai bahaya barang haram itu.

"Kurangnya informasi, pemahamanan dan kesadaran akan bahaya narkoba menjadi salah satu pemicu maraknya peredaran narkoba," ujar Ketua Badan Narkotika Kabupaten Banjar, Fauzan Saleh di Martapura, Selasa.

Fauzan Saleh yang juga Wakil Bupati Banjar mengatakan hal itu di sela-sela sosialisasi pencegahan narkoba dan HIV/AIDS yang dilaksanakan Badan Narkotika Kabupaten dan Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Banjar.

Menurut dia, penanggulangan peredaran narkoba harus menjadi perhatian bersama dan melalui sosialisasi diharapkan diperoleh informasi mengenai penyalahgunaan dan pencegahan sehingga dapat menekan peredarannya.

Ia mengatakan, peredaran narkoba bukan hanya terjadi pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu, tetapi sudah merambah seluruh elemen masyarakat baik kalangan pemuda dan pelajar.

"Oleh karenanya, langkah pencegahan dan penanggulangan harus melibatkan seluruh pihak mulai dari keluarga, guru, lingkungan sekolah hingga unsur masyarakat termasuk kepolisian yang menindak," ungkapnya.

Disisi lain, kata dia, maraknya peredaran narkoba patut menjadi keprihatinan bersama karena dampak yang timbul dari penyalahgunaan tidak hanya dirasakan pengguna tetapi juga mengancam kehidupan sosial dan ekonomi.

Disamping itu, narkoba juga mampu mengendalikan siapa pun untuk melakukan perbuatan-perbuatan anti sosial bahkan kejahatan dan merusak sendi kehidupan individu, keluarga dan masyarakat.

Ditekankan, pemberantasan narkoba bukan hanya berbicara konseptual, tetapi diperlukan perbuatan nyata yang harus digalakkan sesuai keberadaan masing-masing dengan upaya secara utuh menanggulangi permasalahannya.

Ketua panitia pelaksana Hari Setyanto mengatakan kegiatan sosialisasi bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang narkoba, ciri-ciri penyalahgunaan ditinjau dari aspek agama dan hukum serta meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.

Peserta kegiatan sebanyak 108 orang yang berasal dari TP PKK dan DWP Banjar, Persit Kodim 1006 Martapura, anggota Bhayangkari Polres Banjar, Dishubkominfo, Polsus LP Martapura, Satpol PP serta pelajar dan mahasiswa.

Materi yang disajikan terkait narkoba, mengenal dan ciri-ciri penyalahgunaannya oleh AKBP Sri Kamaril Marhaeni, materi trafficking (perdagangan perempuan dan anak dibawah umur) oleh Kompol Nina.

Kemudian materi narkoba dan HIV/AIDS ditinjau dari perspektif agama Islam oleh Drs H Mukhyar Masykur, materi situasi HIV / Aids dan penanggulangannya oleh Yasna Khairina MM dan materi narkoba ditinjau dari aspek hukum yang disampaikan AKBP Sunyipto.

Diduga 'Main Sabun', Delapan Pemain Bulutangkis Dunia Terancam Sanksi


Ganda Cina Wang Xiaoli/Yu Yang (REUTERS/Bazuki Muhammad)


Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation-BWF) sedang menyelidiki dugaan 'main sabun' yang dilakukan oleh delapan pemain dunia di Olimpiade 2012.

Kedelapan pemain itu terdiri dari dua ganda putri Korea Selatan serta satu ganda putri Cina dan Indonesia. Keempat ganda tersebut akan dihukum karena tidak bermain dengan sungguh-sungguh dan mencederai nilai-nilai sportivitas dalam olahraga.

Kasus ini bermula dari pertandingan laga terakhir penyisihan Grup A cabang bulutangkis nomor ganda putri, Selasa (31/7) atau Rabu (1/8) dinihari WIB, di Wembley Arena. Saat itu ganda putri Cina, Yu Yang/Wang Xiaoli berhadapan dengan ganda putri Korea Selatan, Jung Kyung-eun/Kim Ha-na.

Wang/Yu kalah 14-21, 11-21 dari Jung/Kim. Kekalahan itu diduga disengaja agar Wang/Yu tidak bertemu ganda putri Cina lainnya, Tian Qing/Zhao Yunlei di semi final. Bahkan wasit Thorsten Berg sampai harus turun ke lapangan dan memperingatkan ganda putri Cina tersebut.

Kedua pemain Cina itu terlihat secara sengaja melakukan serve asal-asalan. Shuttlecock mereka juga berulang kali terkena net atau pukulan mereka melebar ke luar lapangan dengan 'mudah'.

Bahkan penonton di Wembley Arena pun tak jarang berteriak 'boo' karena kecewa melihat permainan Wang/Yu, seperti yang diberitakan oleh BBC.co.uk, Rabu (1/8).

Jika Wang/Yu menang dan menjadi juara Grup A maka peluang bertemu Tian/Zhao di semi final sangat besar. Dan skenario All-China Final di nomor ganda putri pun akan kandas.

Pasangan Tian/Zhao menempati peringkat kedua Grup D setelah kalah dari ganda putri Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter-Juhl di laga terakhir.

Kalahnya Wang/Yu berimbas ke pertandingan terakhir Grup C yang mempertemukan Meiliana Jauhari/Greysia Polii (Indonesia) melawan Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan).

Pertandingan itu berjalan janggal karena kedua ganda seperti tak mau menang. Mereka sepertinya ingin menghindari Wang/Yu di perempat final.  Wasit Thorsten Berg bahkan sampai harus mengeluarkan kartu hitam di laga itu sebagai tanda mendiskualifikasi kedua ganda.

Namun Berg mencabut keputusannya akibat diprotes oleh kedua kubu.

Meiliana/Greysia akhirnya kalah pada laga itu dengan skor 21-18, 14-21, 12-21. Mereka menduduki peringkat dua Grup C dan akan menantang Jung/Kim di perempat final, seperti yang dilansir oleh Detiksport, Rabu (1/8).

Cari Blog Ini