Jumat, 23 November 2012

Cara Mudah Membuat Ebook PDF Dengan Open Office

Cara Mudah Membuat Ebook PDF Dengan Open Office – Akhir-akhir ini jarang update blog dikarenakan ada sebuah project yaitu pembuatan Ebook agar bisa dijual. Ebook merupakan sebuah produk digital yang menurut saya tidak kalah jika dibandingkan dengan produk nyata. Dengan berbekal sebuah Ebook dan sebuah Website Reseller maka saya berharap bisa mendapatkan keuntungan walau sedikit.

Banyak yang bertanya cara membuat sebuah ebook dari file yang bertype word document dan diubah menjadi type PDF. Sebenarnya banyak cara untuk membuat sebuah Ebook. Cara membuat ebook dengan mudah apabila anda mengerti caranya. Bagaimana ??

Untuk membuat sebuah ebook ini hanya membutuhkan sebuah software gratisan atau opensource. Jadi kita bisa dengan leluasa menginstall software ini tanpa takut akan ada “Razia” seperti razia windows XP maupun Windows 7. Hehehe, hayo siapa yang pake Windows bajakan ?

Berikut cara mudah membuat Ebook dengan Menggunakan OpenOffice :

1. Yang pasti anda harus mempunyai Software OpenOffice dan sudah terinstall di komputer atau laptop dengan Windows XP atau Windows 7 anda. Jika belum, anda bisa download di http://download.openoffice.org/. Download saja software OpenOffice tersebut, gratis kok kan Open Source. Tapi syaratnya anda harus mempunyai akses internet dengan speed atau kecepatan cukup karena file download dari software OpenOffice ini sangat banyak

2. Setelah mendapat file download dari Software OpenOffice, maka install di komputer atau laptop dengan Windows XP atau Windows 7 anda. Setelah terinstall, sepertinya akan ada peringatan Restart atau tidak. Biar lebih fresh, sebaiknya di restart aja.

3. Buat naskah yang akan dijadikan ebook di Microsoft Word atau langsung di OpenOffice juga nggak apa. Jika buat naskah yang akan dijadikan Ebook di Microsoft Word, maka simpan dahulu file tersebut dan buka dengan menggunakan OpenOffice.

4. Sebaiknya anda cek terlebih dahulu kesesuaian dari kalimat dan spasi. Biasanya sudah baik di Microsoft Word belum tentu sudah baik juga di OpenOffice. Jadi anda harus menyesuaikan penempatannya lagi di OpenOffice sampai FIX bener karena yang akan kita jadikan type PDF adalah naskah yang ada di OpenOffice

5. Jika sudah cek dan ricek tak ada yang ganjil atau sudah bener semua, anda tinggal pilih tombol dengan simbol PDF di toolbar atas dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.  Agar lebih jelas, perhatikan gambar dibawah ini :

cara membuat ebook dengan mudah dengan openoffice Cara Mudah Membuat Ebook PDF Dengan Open Office

Maaf gambar cara membuat ebook dengan mudah menggunakan OpenOffice diatas sedikit kabur, hehe

Oya, ada beberapa macam jenis OpenOffice, dan yang kita adalah OpenOffice *** Writer, jadi jangan sampe salah ya…Ini screenshot dari OpenOffice yang saya pakai. Maaf belum sempet update jadi masih versi lama :

cara membuat ebook dengan mudah dengan openoffice 2 Cara Mudah Membuat Ebook PDF Dengan Open Office

Tutorial cara membuat Ebook dengan mudah menggunakan software gratis OpenOffice diatas mungkin bisa sedikit membantu anda yang pengen share sesuatu berwujud Ebook. Yuk ciptakan karya yang mempunyai nilai jual…

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini