Rabu, 14 November 2012

Ultah Ke-5, Android Kuasai Pasar Smartphone


Hari ini adalah ulang tahun Android yang kelima. Lima tahun yang lalu, 5 November 2007, Android diluncurkan. Ketika itu Google, T-Mobile, HTC, Qualcomm, Motorola dan 30 perusahaan lainnya bergabung mengumumkan pengembangan sistem operasi terbuka ini.
Setelah lima tahun sejak kelahirannya, Android menjadi sistem operasi smartphone yang paling banyak dipakai. Pada kuartal ketiga tahun ini, setiap empat smartphone yang dikirim ke pasar, tiga di antaranya ber-OS Android.
Menurut IDC, tak kurang dari 136 juta unit smartphone Android dilempar ke pasar pada kuartal ke-3 tahun 2012, dari total 181,1 juta unit smartphone. Dengan demikian Android menguasai 75% pangsa pasar smartphone pada periode tersebut.
Smartphone Android pertama, HTC Dream (di AS populer dengan nama T-Mobile G1), diluncurkan pada tahun 2008, setahun setelah peluncuran OS-nya. Smartphone Android memang tidak langsung sukses di pasar. Baru pada tahun 2010, Android mulai tinggal landas.
Pada kuartal ke-3 tahun 2012 ini Android sudah melesat jauh di atas kompetitornya. Apple iOS berada jauh di tempat kedua, yaitu dengan pangsa pasar 14,9%. OS lainya lebih jauh lagi ketinggalan: BlackBerry melorot menjadi 4,3%, juga Symbian hanya 2,3%, Windows baru mencapai 2%, dan Linux hanya 1,5%.
Kejayaan smartphone Android sekarang ini masih dikuasai oleh Samsung. Di kuartal ke-3 tahun 2012 ini Samsung menguasai 31,3%, Apple 15%, RIM 4,3%, ZTE 4,2%, dan HTC 4%. Pemain smartphone Android lainnya di bawah HTC. HTC yang lebih lama berkiprah di pasar ini justru mengalami penurun penjualan. Pada kuartal ke-3 tahun ini menurut IDC, HTC mengalami penurunan penjualan 7,3% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.
Di industri smartphone, Android boleh berjaya, tetapi tidak demikian di tablet. Apple masih menguasai pasar menurut Strategy Analytic. Pada kuartal ke-3 tahun ini tablet Apple memangsa 56,7%, dan tablet Android 41,3%. Tetapi pasar tablet Android mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, dan iOS mengalami penurunan. Waktu itu tablet Android menguasai 29,2% dan Apple 64,5%.
Bisa jadi tablet Android akan menyalip Apple iPad di masa datang, sehingga Android akan meraja baik di smartphone maupun tablet. Tetapi jalan yang akan dilalui Android tidaklah semulus seperti yang diperkirakan. Masih banyak masalah yang menghadangnya, seperti isu pelanggaran paten, sekuriti, dan kompetisi dengan platform lainnya seperti Windows 8/Windows Phone 8 dan BlackBerry 10, dan juga Apple yang tentu tidak tinggal diam.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini