Kamis, 06 Desember 2012

Apple: Google Peringatkan Samsung Jangan Menjiplak

 

California - Perang gugatan antara Apple dan Samsung makin memanas di pengadilan California, Amerika Serikat. Apple menyatakan Samsung dahulu sejatinya sudah mendapat peringatan dari Google untuk tidak menjiplak desain Apple.

Apple menuding Samsung sudah menyadari sejak awal jika smartphone dan tabletnya meniru iPhone dan iPad. Menurut Apple, masalah peniruan ini sering didiskusikan dalam rapat internal Samsung.

"Dokumen Samsung menunjukkan bahwa kesamaan produk Samsung bukan kebetulan atau evolusi natural seperti yang disebut Samsung. Namun adalah hasil dari rencana Samsung yang disengaja untuk mendompleng sukses luar biasa iPhone dan iPad dengan meniru desain ikonik serta user interface-nya yang intuitif," demikian pernyataan Samsung.

Berikut klaim Apple yang mengungkap bahwa beberapa pihak sudah memperingatkan Samsung agar tidak meniru Apple:

- Di Februari 2010, Google mengatakan pada Samsung bahwa Samsung Galaxy Tab dan Galaxy Tab 10.1 sangat mirip dengan iPad dan meminta desain yang berbeda.

- Di tahun 2011, grup desain produk Samsung menyatakan penyesalan karena ponsel Galaxy S terlihat mirip dengan iPhone. Seorang desainer terkenal menyatakan Galaxy S sangat mirip iPhone sehingga dengan menutup logo Samsung, sulit ditemukan sesuatu yang berbeda dibanding iPhone.

Samsung sendiri punya beberapa senjata untuk membantah klaim Apple. Misalnya mereka mendesain user interface mirip dengan iPhone lebih dulu dari Apple. Samsung juga menemukan email internal Apple yang mengindikasikan Apple terinspirasi dari desain Sony kala membuat iPhone.

Samsung juga mengklaim gugatan Apple anti kompetitif. Selain itu, Apple dituding memakai paten Samsung namun belum membayar. Demikian seperti dikutip detikINET dari AllthingsD, Senin (30/7/2012).
 

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini