Kamis, 06 Desember 2012

Yuk, Jangan Berponsel Saat Mengemudi

Susetyo Dwi Prihadi - detikinet
 

Ilustrasi (Ist) Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengingatkan kepada pemudik, khususnya pengendara, agar tidak menggunakan ponsel saat mengemudi kendaraannya. Sebab, angka kecelakaan akibat berponsel saat menyetir di Indonesia cukup tinggi.

"Kita ingatkan kepada yang akan mudik, agar tidak menggunakan ponsel saat berkendara. Tujuan mudik itu kan ingin bergembira bersama keluarga, balik pun juga inginnya kan selamat," imbau Menkominfo Tifatul Sembiring, usai melakukan apel siaga, di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (6/8/2012).

Mengutip data Polda Metro Jaya, dikatakan Tifatul, angka kecelakaan lalu lintas akibat penggunaan ponsel jumlahnya meningkat dari tahun 2009 ke 2010 sebesar 1.200%. Dengan jumlah korban jiwa mencapai 1.000 orang.

"Memang dari 2011 mengalami penurunan, dengan jumlah korban jiwa 300 orang. Kita inginnya agar jumlah ini semakin menurun lagi. Bahkan kalau bisa ditekan hingga zero," ungkapnya.

Kominfo pun menggandeng operator telekomunikasi agar mengirimkan SMS broadcast yang berisi imbauan untuk tidak menggunakan ponsel sambil berkendara. Ini sesuai dengan surat edaran Menteri Kominfo No 442/M.Kominfo/07/2012 yang disebar sejak 31 Juli lalu.

Dalam surat itu, Kominfo meminta agar operator melakukan upaya telekomunikasi untuk sosialiasi larangan penggunaan perangkat telekomunikasi seperti, pemasangan peringatan 'tidak berponsel saat berkendara' pada kemasan kartu perdana atau voucer isi ulang.

Selain itu juga diminta untuk mencantumkan peringatan tersebut pada iklan di luar ruang dan berbagai media massa dan edukasi kepada masyarakat dalam berbagai kegiataan sosialisasi publik.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini