Kamis, 06 Desember 2012

Pengguna Frekuensi 3G Telkomsel Masih 10%

Andina Librianty - Okezone
Rabu, 18 Juli 2012 16:24 wib
logo telkomsel
JAKARTA - Meski wacana penerapan 4G di Indonesia sudah sering terdengar, namun ternyata pengguna frekuensi 3G operator telekomunikasi masih cukup kecil. Telkomsel, dengan 117 juta pelanggan, ternyata pengguna frekuensi 3G-nya masih sekira 10 persen.

"Pengguna frekuensi 3G Telkomsel memang hanya ada 10 persen dari total pelanggan, karena itu memang diperlukan berbagai edukasi untuk membuat pelanggan lebih memanfaatkan frekeunsi 3G," kata Head of Service Control System Engineering Division Telkomse Ivan Cahya Permana, di sela-sela seminar Challenges & Prospects of Digital Dividend for Indonesian Telecommunication & Broadcasting Business, di gedung BPPT, Jakarta, Selasa (18/7/2012).

Edukasi yang dilakukan, kata Ivan, diantaranya juga memperluas cakupan jaringan ke daerah-daerah di pelosok.

"Dengan 10 persen tadi (pengguna frekuensi 3G Telkomsel), artinya kami perlu mengedukasi ke masyarakat tentang jaringan 3G, mulai dari daya tahan baterai hingga ekspansi cakupan hingga mengedukasi pemilik handphone 3G di daerah-daerah pelosok," tuturnya.

Tapi meski pengguna frekuensi 3G masih terbilang kecil dibandingkan total pelanggan, Telkomsel berharap bisa segera menerapkan jaringan LTE. "LTE adalah strategi teknologi ke depan. Salah satu manfaatnya tentu akses internet akan lebih cepat, seperti mengakses YouTube," ungkap Ivan.

Saat ini, kata Ivan, mayoritas banyak yang menggunakan 3G untuk mengakses YouTube, Google, dan Facebook. "Dengan banyak pengguna 3G yang mengakses ketiga hal tadi, tentu bila dengan LTE akses akan semakin cepat. Terlebih lagi saat ini Telkomsel punya 45 juta pelanggan brodband, dan sekira 30 persen menggunakan akses 3G," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini