Kamis, 06 Desember 2012

VAS

Ahmad Luthfi - Okezone
Rabu, 4 Juli 2012 15:47 wib
detail berita
ilustrasi
JAKARTA - Smartfren, penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, hari ini mengumumkan beragam layanan seluler bernilai tambah atau Value-Added Service (VAS). Layanan tersebut memungkinkan pelanggan untuk mengunduh berbagai aplikasi memalui Smartfren App Store.

VAS juga menampilkan fitur layanan mulai dari SMS hingga konten multimedia, seperti music, video, games, edukasi, religi dan lainnya. Selain itu, aplikasi VAS terkini yang bisa digunakan pelanggan antara lain Gudang Musik, Smart Pustaka, Mobile Streaming App, Magic Voice, serta aplikasi religi menyambut ramadan.

Layanan anyar VAS ini merupakan strategi Smartfren untuk menjadi operator selular terdepan. "Kami ada tema, Smartfren smart forward. Intinya adalah kami move forward," ujar Febrian Anas, General Manager Value Added Service Smartfren di Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Menurutnya, untuk layanan ini, perusahaan membuka peluang bagi pihak luar untuk mengembangkan aplikasi di layanan terbaru ini. "Kami open semua ide, aplikasi dari kompetisi (yang diselenggarakan) kita bisa akomodir," tambahnya.

Dirinya mengatakan, sampai saat ini sudah tersedia hingga lebih dari 500 aplikasi, campuran dari developer lokal maupun luar. Pengguna yang ingin mengunduh beberapa aplikasi, bisa mendapatkan secara free atau berbayar (melalui pemotongan pulsa). Harga untuk aplikasi yang berbayar, paling mahal hingga Rp15 ribu.

"App Store ini, pengguna bisa melakukan pembelian. Salah satu keunggulan, memungkinkan pengguna untuk membeli aplikasi dengan potong pulsa," imbuhnya.

Sistem pemotongan pulsa menurutnya lebih mudah dan praktis, ketimbang sistem pembayaran lain, misalnya saja menggunakan kartu kredit. "Karena (umumnya) masyarakat tidak suka yang ribet," terangnya.

"Aplikasi ini bergantung pada device. Mulai titik ini, kita beri layanan baru yang menarik. Walau ini baru diluncurkan, grow-nya cukup besar hingga 20 persen. Ini akan sejalan dengan semakin banyaknya device di pasaran," jelasnya.

Untuk menikmati layanan VAS ini, pengguna harus memiliki smartphone (dengan kartu Smartfren/bundling) berbasis sistem operasi mobile, Android. Smartphone tersebut telah tersedia dengan harga kisaran Rp800 ribu.

Khusus menjelang bulan Ramadhan tahun ini, terdapat konten Smart Islamic Application. Konten dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan dan aktivitas umat Islam dalam beribadah.

Konten tersebut antara lain, Al Quran lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia, Hadits beserta kumpulan doa pilihan dan dzikir. Selain itu ada panduan tata cara ibadah seperti shalat, puasa, haji, zakat dan lain-lain. "Kita menargetkan maunya lebih luas, seperti portal. Ada azan reminder, konten islami serta tausiyah," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini