Kamis, 06 Desember 2012

Zeus Teror BlackBerry

Ardhi Suryadhi - detikinet
 
Jakarta - Dibandingkan Android, BlackBerry selama ini lebih jarang disatroni malware (program jahat). Namun kini, peneliti keamanan telah mendeteksi keberadaan malware Zeus yang beredar di platform besutan Research In Motion (RIM) tersebut.

Program jahat ini diberi nama Zitmo (Zeus in the mobile). Ini sejatinya bukanlah malware baru, tapi sudah beberapa tahun beredar dan biasanya wara-wiri di perangkat Android.

Selain itu, varian Zitmo awalnya sempat diwaspadai karena sering menyamar sebagai aplikasi keamanan banking dan add-ons security.

Namun kini, ancaman Zitmo semakin luas dengan menghadirkan versi baru dan menyasar BlackBerry. Perangkat yang telah terinfeksi aplikasi ini disebut sebagai 'Zertifikat'.

Nah, ketika menjalankan aplikasi itu, akan muncul pesan dalam bahasa Jerman bahwa instalasi yang dilakukan telah sukses dan bakal muncul kode aktivasi dari aplikasi tersebut.

Dikutip detikINET dari treatpost, Zitmo beraksi seperti 'saudaranya', Zeus, yang didesain untuk mencuri data sensitif online banking pengguna. Versi original Zitmo beroperasi dengan menyadap SMS yang masuk dan mencurinya jika pesan itu dikirimkan dari bank.

"Seperti yang Anda ketahui, platform BlackBerry sebelumnya tidak pernah ramai diserbu oleh malware. Tapi sekarang ada empat contoh berbeda dari kehadiran Zeus in the Mobile untuk BlackBerry. Tiga file berbasis .cod dan 1 file .jar," jelas peneliti dari Kaspersky Lab. Denis Maslennikov.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini